Sabtu, 12 Agustus 2017

Pembuatan Souvenir Kaos Khas Aeng Tong-tong

Pembuatan souvenir kaos khas Aeng Tongtong sebenarnya adalah tindak lanjut dari kegiatan pembuatan Website resmi desa. Tujuannya adalah sama-sama sebagai media promosi Desa Aeng Tongtong selaku desa sentra pengrajin keris. Sebelum ide pembuatan kaos ini dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan observasi kepada beberapa tokoh masyarakat guna mengetahui apakah sudah ada langkah masyarakat yang membuat kaos khas Aeng Tongtong. Dari jawaban yang diberikan oleh tokoh masyarakat, serta pengakuan dari Bapak Kepala Desa bahwa sampai saat ini belum ada langkah nyata untuk pembuatan kaos khas Aeng Tongtong, sehingga ide dari teman-teman KKN disambut sangat antusias oleh tokoh masyarakat beserta warga.

Ide pembuatan kaos khas Aeng Tongtong ini juga didasari oleh beberapa alasan. Pertama kaos adalah media yang paling tepat untuk dijadikan media promosi desa sentra keris karena kaos mampu dijangkau oleh semua kalangan. Kedua kaos adalah souvenir tahan lama yang tidak ada masa kadaluwarsanya, berbeda dengan produk makanan yang memiliki keterbatasan waktu atau kadaluwarsa. Ketiga kaos sangat tepat untuk dijadikan media promosi karena saat dipakai, orang akan cenderung penasaran dan mendorong orang lain untuk mengetahui lebih jauh dan secara tidak langsung akan menarik perhatian konsumen untuk ikut membeli dan mengunjungi desa Aeng Tongtong. 

Ide pembuatan souvenir kaos khas Aeng Tongtong selanjutnya dikordinasikan dengan Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Sumenep. Kordinasi ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2017 di kantor Disperindag Kabupaten Sumenep. Tidak disangka ternyata respon Disperindag mengenai ide teman-teman KKN disambut sangat baik dan bersedia untuk mengkordinasikan dengan pusat oleh-oleh di Sumenep seperti Wiraraja dan pusat oleh-oleh lainnya untuk pemasaran souvenir kaos tersebut. Bahkan dari Disperindag memberikan masukan yang sangat berarti bagi kami teman-teman KKN dan masyarakat desa Aeng Tong-tong untuk membuat proposal bantuan peralatan sablon kaos untuk anggaran 2018 sehingga diharapkan masyarakat desa Aeng Tongtong dapat memproduksi dan berwirausaha dengan menggunakan bantuan alat dari Disperindag.



EmoticonEmoticon