Sabtu, 22 Juli 2017

Selamat Datang Di Desa Aengtongtong


Aeng Tong-Tong merupakan sebuah desa di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Letak desa ini dari Kabupaten Sumenep sejauh 7 KM. Desa ini terkenal akan pengrajin keris. Tidak heran terdengar suara derit panjang besi sedang dipotong di tiap-tiap rumah karena mayoritas masyarakat Aeng Tong-Tong memilih profesi sebagai pengrajin keris. Menurut mereka mata pencaharian ini sangat menjanjikan. Tidak diragukan lagi keahlian para pengrajin keris desa ini. Para mpu dari Desa Aeng Tong-Tong dan beberapa desa di sekitarnya terkenal mampu membuat keris ampuh yang menarik perhatian dunia, khususnya pememerhati dan kolektor keris pusaka baru asal Sumenep itu.
Keahlian dalam membuat keris tidak hanya didominasi oleh kaum laki-laki dewasa, melainkan juga dari kaum perempuan. Beberapa diantaranya juga terdapat anak-anak usia sekolah tingkat menengah hingga yang sudah lanjut usia. Kini pun keris dari madura ini membanjiri kota pusat keris seperti Solo dan Yogya. Para mpu keris juga sering memamerkan produknya ke berbagai daerah.
Keris dari Desa Aeng Tong-Tong yang semula sulit air ini, kini menurunkan berkah pada warganya. Tak ada lagi gubuk reot di desa itu, bisa dikatakan keadaan ekonomi mereka tergolong menengah keatas. Penyebaran keris dari Aeng Tong-Tong telah meluas ke mancanegara, seperti Singapura, Brunei Darusalam, Malaysia, Jerman, dan Belanda. Jadi, tidak perlu diragukan lagi produk keris dari Aeng Tong-Tong.


EmoticonEmoticon