Kamis, 20 Juli 2017

Pusat Pengrajin Keris di Desa Aeng Tong Tong - Sumenep

Aeng Tong-Tong merupakan desa yang teletak di kecamatan Saronggi kabupaten Sumenep. Desa ini terkenal dengan kerajinan keris yang merupakan produk unggulan dan sumber mata pencaharian masyarakat Aeng Tong-Tong. Hal ini dapat dilihat dari keloyalitasan masyarakatnya dalam mengelola kerajinan keris. Selain itu hampir di setiap rumah warga nya terdapat pondok kecil untuk membuat keris secara mandiri.
Keris yang dibuat oleh  masyarakat Aeng Tong-Tong memiliki ciri khas yang berbeda dari keris-keris yang berasal dari daerah lain. Jika keris pada umumnya hanya diorientasikan pada senjata saja, namun untuk keris yang dibuat oleh masyarakat Aeng Tong-Tong juga memandang dari segi estetika. Beberapa ciri khas dari keris tersebut dapat dilihat dari variasi dan keunikan corak, bentuk dan pamor atau ukiran yang terdapat pada pe

rmukaan kerisnya. Setiap keris yang dibuat oleh pengerajin memiliki keunikan serta kerumitan tersendiri, karena setiap pengerajin keris di desa Aeng Tong-Tong memiliki teknik dan metode khusus dan rahasia untuk membuat keris-keris tersebut.
Daya tarik lain dari keris Aeng Tong-Tong yaitu pada bahan-bahan yang digunakan juga beragam. Beberapa bahan yang digunakan yaitu logam besi, kuningan, emas, arang, tulang dan lain-lain. Selain itu memiliki keukatan mistik yang dapat digunakan sebagai senjata. Beberapa keris juga diberi dengan ramuan racun untuk menambah keampuhan senjata ini.
Masyarakat Aeng Tong-tong melakukan pembuatan keris secara turun temurun. Kerajian keris di desa Aeng Tong-Tong telah menembus pasar internasional dalam penjualan kerisnya, sehingga dapat menambah devisa bagi negara serta menambah penghasilah masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa keris-keris yangt diproduksi oleh masyarakat Aeng Tong-Tong telah diminati oleh penggemar keris dari mancanegara.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon