Kamis, 27 Juli 2017

Keunikan Seni Hadrah Aengtongtong


Tarian hadrah berasal dari negeri Parsi. Tarian hadrah merupakan kombinasi dari kebudayaan Islam terutama Timur dan Jawa Tengah turut populer di Indonesia. Tari hadrah merupakan suatu pemngembangan kesenian musik hadrah yang islami. Penari menciptakan sebuah tari dalam gerakan diatur dengan baik dan menemani dengan musik dan Terbang Jidor. Umumnya, lengkap dengan lagu puji kepada Allah dan saran untuk kehidupan sehari-hari manusia.
Hadrah musik juga digunakan sebagai upacara pernikahan, upacara profesi, upacara syukur, dan adat lainnya, karena bersifat dinamik dan bergembira. Sehingga dalam hadrah ini musik dan tarian adalah orang yang formanya energik. Desa Aeng Tong-Tong juga memiliki grub hadrah rutinan yang beranggota laki-laki baik dewasa, remaja maupun anak-anak kecil.
Hadrah Aeng Tong-tong performanya bergiliran ke rumah masing-masing anggota jami’ hadrah. Uniknya dari jama’ah hadrah Aeng Tong-tong adalah yang menari bukan hanya anak kecil melainkan orang dewasa. Gerakan tarian mereka begitu khas dan sangat energik. Gerakan tarian mereka sangat beragam, mulai dari gerakan duduk, berdiri, bahkan sampai lari-lari bertukar tempat tarian. Hadrah diiringi dengan alunan musik rebana yang sangat indah dan juga suara merdu para vokalis shalawat.  Penasaran...? yuk bergabung bersama Hadrah Desa Aeng Tong-Tong.


EmoticonEmoticon